The Imitation Game (2014)

"The Imitation Game" adalah sebuah film drama sejarah thriller Ameerika yang dirilis tahun 2014, disutradarai oleh Morten Tyldum, dengan skenario oleh Graham Moore yang secara bebas didasarkan pada biografi "Alan Turing: The Enigma" oleh Andrew Hodges (sebelumnya diadaptasi sebagai drama panggung dan drama BBC "Breaking the Code").

Film ini dibintangi Benedict Cumberbatch sebagai tokoh nyata Alan Turing, seorang ahli kriptoanalisis Inggris, yang mendekripsi kode intelijen Enigma Jerman- Nazi untuk pemerintah Inggris selama Perang Dunia II dan membantu Sekutu memenangkan Perang Dunia II, namun kemudian dituntut secara pidana karena mengaku sebagai seorang homoseksual. Kriptoanalisis merupakan disiplin ilmu mengenai metode membaca pesan terenkripsi (tersandi), tanpa mengetahui informasi rahasia atau kunci yang seharusnya digunakan untuk membaca pesan tersebut.

Skenario film menduduki puncak Daftar Hitam ("Black List") tahunan untuk naskah terbaik yang belum diproduksi oleh Hollywood pada tahun 2011. "The Weinstein Company" mengakuisisi film ini sebesar $7 juta pada tanggal Februari 2014, jumlah tertinggi yang pernah dibayarkan untuk hak distribusi AS di Bursa Film Eropa. Film ini dirilis di Inggris pada tanggal 14 November 2014 dan Amerika Serikat pada tanggal 28 November 2014.

"The Imitation Game" mencatat kesuksesan secara komersial dan kritis. Film ini memperoleh penghasilan lebih dari $233.000.000 di seluruh dunia dibanding anggaran produksinya sebesar $14 juta, menjadikannya film independen dengan penghasilan tertinggi 2014. Film berdurasi 114 menit ini dinominasikan untuk delapan kategori di Academy Awards ke-87, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Tyldum), Aktor Terbaik (Cumberbatch ), dan Aktris Pendukung Terbaik (Keira Knightley), dan memenangkan Academy Award untuk Skenario Adaptasi Terbaik.

Film ini memperoleh lima nominasi di Golden Globe Awards ke-72 dan dinominasikan dalam tiga kategori di Screen Actors Guild Awards ke-21, termasuk kategori Prestasi Akting Terbaik dalam Film. Film ini juga menerima sembilan nominasi "British Academy of Film and Television Arts" , termasuk Film Terbaik dan Film Inggris Terbaik, dan memenangkan "People's Choice Award" di Toronto International Film Festival ke-39.

Advokasi hak-hak sipil LGBT dan organisasi pelobi politik, Kampanye Hak Asasi Manusia memberi penghargaan kepada "The Imitation Game" karena menyampaikan warisan Turing untuk khalayak yang lebih luas. Namun, film ini dikritik karena penggambaran kurang akurat atas peristiwa sejarah dan karakter dan hubungan Turing.

Rating Film "The Imitation Game" versi "IMDb" : 8,1/10
Rating Film "The Imitation Game" versi "Rotten Tomatoes" : 90%
Penghasilan Box Office Film "The Imitaion Game" : $233.600.000
Foto : Wikipedia

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013—2020 Koleksi Film Bagus - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger