Dunkirk (2017)

Dunkirk adalah film perang tahun 2017 yang ditulis, diproduseri, dan disutradarai Christopher Nolan. Dunkirk atau Dunkerque dalam bahasa Perancis adalah sebuah kota pelabuhan dan komune di Nord, Perancis bagian utara, 10 km dari perbatasan Belgia. Film ini merupakan kerja sama internasional antara Britania Raya, Amerika Serikat, Perancis, serta Belanda, dan didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures. Film ini dibintangi Fionn Whitehead, Tom Glynn-Carney, Jack Lowden, Harry Styles, Aneurin Barnard, James D'Arcy, Barry Keoghan, Kenneth Branagh, Cillian Murphy, Mark Rylance, dan Tom Hardy. Dengan latar Perang Dunia II, film ini mengangkat peristiwa evakuasi tentara Sekutu di Dunkerque.

Nolan menulis naskahnya dari tiga sudut pandang—darat, laut, dan udara—dengan sedikit dialog dan menciptakan ketegangan melalui hal-hal kecil. Pembuatan film dimulai bulan Mei 2016 di Dunkerque, Perancis, dan diakhiri di Los Angeles, Amerika Serikat; pascaproduksi juga dilakukan di Los Angeles. Sinematografer Hoyte van Hoytema menggunakan rol film format besar 65 mm dan IMAX 65 mm. Pembuatannya ini lebih mengutamakan efek nyata seperti mempekerjakan ribuan figuran, membangun kapal-kapal yang berpartisipasi dalam evakuasi Dunkerque, dan memakai pesawat asli untuk adegan udara.

Dunkirk tayang perdana pada tanggal 13 Juli 2017 di Odeon Leicester Square di London, Inggris, dan dirilis di Britania Raya dan Amerika Serikat tanggal 21 Juli 2017 dalam format IMAX, 70 mm, dan 35 film. Film berdurasi 106 menit ini telah meraup lebih dari $413 juta di seluruh dunia dan mendapat banyak pujian dari para kritikus atas skenarionya, penyutradaraan, dan sinematografi. Beberapa kritikus menggambarkannya sebagai film terbaik Nolan sampai saat ini, dan juga salah satu film perang terbesar yang pernah dibuat.

Rating Film "Dunkirk" versi "IMDb" : 8,4/10
Rating Film "Dunkirk" versi "Rotten Tomatoes" : 93%
Penghasilan Box Office Film "Dunkirk" : $413 juta
Foto : Wikipedia

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013—2020 Koleksi Film Bagus - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger