Slumdog Millionaire (2008)

"Slumdog Millionaire" adalah sebuah film bergenre drama produksi Inggris dirilis tahun 2008 yang disutradarai oleh Danny Boyle, yang ditulis oleh Simon Beaufoy, dan disutradarai bersama di India oleh Loveleen Tandan. Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul "Q & A" ( 2005 ) karya penulis dan diplomat India, Vikas Swarup. Mengambil setting tempat dan difilmkan di India, film ini bercerita tentang Jamal Malik (Dev Patel), seorang pemuda dari daerah kumuh Juhu di Mumbai yang tampil di acara kuis "Who Wants To Be A Millionaire?" versi India.("Kaun Banega Crorepati" dalam versi bahasa Hindi) dan melampaui ekspektasi masyarakat, sehingga menimbulkan kecurigaan akan kecurangan; Jamal menceritakan dalam kilas balik bagaimana ia tahu jawaban untuk setiap pertanyaan, di mana masing-masing terkait dengan peristiwa penting dalam hidupnya .

Setelah melakukan pemutaran premier/perdana dunianya di "Telluride Film Festival" dan kemudian di "Toronto International Film Festival" dan "London Film Festival", film "Slumdog Millionaire" melakukan rilis akbar nasional di Inggris Raya pada tanggal 9 Januari 2009 dan di Amerika Serikat pada tanggal 23 Januari 2009. Film ini ditayangkan perdana di Mumbai pada tanggal 22 Januari 2009.

Sebagai film sukses dengan promosi minim ("sleeper hit"), film "Slumdog Millionaire" mendapat pengakuan secara luas, dipuji untuk plot/alur ceritanya, "soundtrack" dan penyutradaraan. Selain itu , film berdurasi 120 menit ini dinominasikan untuk 10 Academy Awards pada tahun 2009 dan memenangkan delapan kategori, yang merupakan kemenangan terbanyak untuk film produksi tahun 2008, termasuk kategori Film Terbaik, "Sutradara Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik . Film ini juga memenangkan tujuh kategori "BAFTA Awards" (termasuk kategori Film Terbaik), lima penghargaan "Critics' Choice Awards" , dan empat penghargaan "Golden Globes".

Rating Film "Slumdog Millionaire" versi "IMDb" : 8/10
Rating Film "Slumdog Millionaire" versi "Rotten Tomatoes" : 94%
Penghasilan Box Office Film "Slumdog Millionaire" : $377.910.544
Foto : Wikipedia

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013—2020 Koleksi Film Bagus - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger