The Lion King (1994)

"The Lion King" adalah sebuah film animasi Amerika genre petualangan, musikal, epik tahun 1994 yang diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation dan dirilis oleh Walt Disney Pictures . Film ini adalah film animasi ke-32 dalam sei "Walt Disney Animated Classics". Kisah film animasi ini terjadi di kerajaan singa di Afrika , dan dipengaruhi oleh kisah-kisah Alkitab tentang Yusuf dan Musa dan drama Shakespeare Hamlet serta memiliki kemiripan dengan "Epic of Sundiata".

Film ini diproduksi selama periode yang dikenal sebagai "Disney Renaissance". "The Lion King" ini disutradarai oleh Roger Allers dan Rob Minkoff, diproduseri oleh Don Hahn, dan skenario film ini dipercayakan kepada Irene Mecchi, Jonathan Roberts dan Linda Woolverton. Film ini memiliki deretan besar artis pengisi suara yang dipimpin oleh Matthew Broderick, Jeremy Irons, James Earl Jones, Jonathan Taylor Thomas dan Moira Kelly.

Film berdurasi 88 menit ini bercerita tentang Simba, seekor singa muda yang akan menggantikan ayahnya, Mufasa, sebagai raja, namun setelah paman Simba, Scar pmembunuh Mufasa, Simba tertipu dengan berpikir dia yang bertanggung jawab atas kematioan ayahnya dan melarikan diri ke pengasingan karena malu dan putus asa. Setelah pematangan hidup dengan dua wastrels, Simba diberikan beberapa perspektif berharga dari temannya, Nala, dan dukunnya, Rafiki, sebelum kembali untuk menantang Scar dan mengakhiri tiraninya .

Pengembangan "The Lion King" dimulai pada tahun 1988 dalam pertemuan antara Jeffrey Katzenberg, Roy E.Disney dan Peter Schneider sewaktu mempromosikan "Oliver & Company" di Eropa. Thomas Disch menulis penafsiran film, dan Woolverton mengembangkan skrip pertama sementara George Scribner ditunjuk sebagai sutradara, dan kemudian Allers bergabung. Produksi dimulai pada tahun 1991, dengan sebagian besar animator belum berpengalaman atau tidak tertarik pada hewan karena sebagian besar tim Disney ingin bekerja di Pocahontas sebagai gantinya.

Beberapa saat setelah staf melakukan perjalanan ke "Hell's Gate National Park" yang terletak di selatan Danau Navaisha, Kenya untuk penelitian tentang pengaturan film dan hewan, Scribner meninggalkan produksi karena tidak setuju dengan keputusan untuk mengubah film menjadi sebuah film musikal, dan digantikan oleh Minkoff. Ketika Hahn bergabung dengan proyek ini, ia tidak puas dengan naskah cerita dan segera ditulis ulang. Hampir 20 menit dari urutan animasi dilakukan di Studio Disney-MGM di Florida. Animasi komputer juga digunakan dalam beberapa adegan, terutama dalam adegan penyerbuan antelop Afrika.

"The Lion King" dirilis pada tanggal 15 Juni 1994 dengan reaksi positif dari para kritikus, yang memuji film ini untuk musik dan ceritanya. Film ini juga mendapat rating "A +" yang langka dari CinemaScore. Setelah dirilis ulang dalam format 3D pada tahun 2011, dengan pendapatan lebih dari US$ 987.000.000 di seluruh dunia pada 2011, film ini adalah film animasi yang digambar tangan paling sukses dalam sejarah, film animasi 2D paling sukses di Amerika Serikat, dan film ke-18 paling sukses sepanjang masa.

"The Lion King" memperoleh dua Academy Awards atas prestasinya dalam musik dan Golden Globe Award untuk Film Terbaik-Musikal atau Komedi. Lagu film ini ditulis oleh komposer Elton John dan penulis lirik, Tim Rice, dengan musik orisinil oleh Hans Zimmer. Film ini didedikasikan untuk Frank Wells, yang meninggal dalam kecelakaan helikopter di awal tahun 1994.

Sebuah adaptasi Broadway dari film dibuka pada tahun 1997, dan memenangkan enam Tony Awards, termasuk Musik Terbaik. Per April 2012, "The Lion King" adalah musikal Broadway dengan penghasilan tertinggi sepanjang masa. Disney kemudian melanjutkan film dengan dua produksi "direct-to-video", sekuel "The Lion King II : Simba's Pride (1998) dan prekuelnya/paralel "The Lion king 1 1/2" (2004) .

Rating Film "The Lion King" versi "IMDb" : 8,5/10
Rating Film "The Lion King" versi "Rotten Tomatoes" : 90%
Penghasilan Box Office Film "The Lion King" : $987.483.777
Foto : Wikipedia

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013—2020 Koleksi Film Bagus - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger