Ratatouille (2007)

"Ratatouille" (dieja: /rætətuːiː/; pengejaan Perancis: [ʁatatuj]) adalah sebuah film animasi komputer bertema komedi produksi Amerika dirilis tahun 2007. "Ratatouille" diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures.

Film ini adalah film ke-8 yang diproduksi oleh Pixar, dan ditulis bersama dan disutradarai oleh Brad Bird, yang mengambil alih dari Jan Pinkava pada tahun 2005. Judul film ini mengacu pada hidangan Perancis, "ratatouille", yang disajikan di akhir film, dan juga merupakan permainan kata untuk spesies yang menjadi karakter utama film.

Film berdurasi 111 menit ini diisi suara oleh Patton Oswalt sebagai Remy, tikus antropomorfik yang tertarik dalam masakan, Lou Romano sebagai Linguini, seorang anak muda pembuang sampah yang berteman dengan Remy, Ian Holm sebagai Skinner, kepala koki restoran Auguste Gusteau, Janeane Garofalo sebagai Colette, seorang "rôtisseur" (chef) di restoran Gusteau, Peter O'Toole sebagai Anton Ego, seorang kritikus restoran, Brian Dennehy sebagai Django, ayah dan pemimpin klan Remy, Peter Sohn sebagai Emile, kakak Remy, dan Brad Garrett sebagai Auguste Gusteau, seorang chef yang baru almarhum. Alur cerita mengikuti perjalanan Remy, yang bercita-cita menjadi seorang koki dan mencoba untuk mencapai tujuannya dengan membentuk aliansi dengan seorang anak muda pembuang sampah di restoran Paris.

Pengembangan film "Ratatouille" dimulai pada tahun 2001 ketika Pinkava menulis konsep asli film ini. Pada tahun 2005, Bird didekati untuk menyutradarai film ini dan merevisi ceritanya. Bird dan beberapa anggota kru film juga mengunjungi Paris untuk mencari inspirasi. Untuk membuat animasi makanan yang digunakan dalam film, kru berkonsultasi dengan koki baik dari Prancis maupun Amerika Serikat. Bird juga magang di restoran French Laundry Thomas Keller, di mana Keller mengembangkan "confit byaldi", hidangan yang digunakan dalam film.

Film "Ratatouille" ditayangkan perdana pada tanggal 22 Juni 2007 di Kodak Theatre di Los Angeles, California, dan rilis umum pada tanggal 29 Juni 2007 di Amerika Serikat. Film ini meraup $623.700.000 di box office dan menerima pujian kritikus. Film ini kemudian memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Terbaik, selain penghargaan lainnya .

Rating Film "Ratatouille" versi "IMDb" : 8/10
Rating Film "Ratatouille" versi "Rotten Tomatoes" : 96%
Penghasilan Box Office Film "Ratatouille" : $623.722.818
Foto : Google

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013—2020 Koleksi Film Bagus - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger