Parasite (2019)

"Parasite" (bahasa Korea: 기생충; Ejaan Bahasa Korea yang Disempurnakan: Gisaengchung) adalah film thriller komedi hitam Korea Selatan tahun 2019 yang disutradarai oleh Bong Joon-ho, yang juga ikut menulis skenario dengan Han Jin-won. Film berdurasi 132 menit ini dibintangi oleh Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik, dan Park So-dam dan mengisahkan para anggota sebuah keluarga miskin yang berencana untuk dipekerjakan oleh keluarga kaya dengan menyusup ke dalam rumah tangga mereka dan menyamar sebagai individu berkualifikasi tinggi yang masing-masing saling tidak berhubungan.

Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Cannes 2019 pada 21 Mei 2019, dan menjadi film Korea Selatan pertama yang memenangkan Palme d'Or dan film pertama yang menang dengan suara bulat sejak "Blue Is the Warmest Color" di Festival Film Cannes 2013. Film ini kemudian dirilis di Korea Selatan oleh CJ Entertainment pada 30 Mei 2019. Film ini mendapat pengakuan kritis universal, dan telah dipuji sebagai salah satu film Korea Selatan terhebat yang pernah dibuat dan salah satu film terbaik dasawarsa tahun 2010-an. Film ini telah meraup lebih dari $176 juta di seluruh dunia dengan anggaran produksi sekitar $11 juta.

Dari sekian banyak penghargaan yang diterimanya, Parasite mencatat sejarah dengan memenangkan empat penghargaan terkemuka di Academy Awards ke-92 untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Asli Terbaik, dan Film Internasional Terbaik (sebelumnya dikenal sebagai kategori Film Berbahasa Asing Terbaik). Film ini menjadi film Korea Selatan pertama yang menerima pengakuan Academy Award, serta film non-Inggris pertama yang memenangkan kategori Film Terbaik. Film ini juga memenangkan Golden Globe Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, BAFTA Award untuk kategori Film yang Tidak Berbahasa Inggris Terbaik, dan menjadi film berbahasa non-Inggris pertama yang memenangkan "Screen Actors Guild Award" untuk kategori Pemeran dengan Penampilan Luar Biasa dalam Film.

Rating Film "Parasite" versi "IMDb": 8,6/10
Rating Film "Parasite" versi "Rotten Tomatoes": 99%
Penghasilan Box Office Film "Parasite": $176,60 juta
Foto : Wikipedia

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013—2020 Koleksi Film Bagus - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger