A Better Tomorrow (1986)

A Better Tomorrow (bahasa Mandarin: 英雄本色; Pinyin: Yīngxióng běnsè; bahasa Kantonis Jyutping: Jing1 hung4 bun2 sik1; arti harfiah: Warna Sejati Seorang Pahlawan) adalah sebuah film aksi kriminal Hong Kong tahun 1986 yang disutradarai oleh John Woo dan dibintangi oleh Chow Yun-fat, Ti Lung, dan Leslie Cheung. Film ini memiliki pengaruh besar pada industri film Hong Kong, dan kemudian pada skala internasional. Film ini menjadi sebuah film monumental, dipuji atas pengaturan templat untuk genre film pertumpahan darah heroik, yang sangat berpengaruh dalam sinema film aksi Hong Kong, dan kemudian Hollywood.

Meskipun film ini diproduksi dengan anggaran ketat dan relatif tidak dikenal sampai film ini ditayangkan di layar bioskop (karena hampir tidak ada iklan), film ini memecahkan rekor box office Hong Kong dan kemudian menjadi sebuah blockbuster di Asia. Film ini sangat dipandang tinggi, menduduki peringkat ke-2 dalam 100 Terbaik Film Berbahasa Tionghoa. Kesuksesannya juga memastikan sekuel A Better Tomorrow II, juga disutradarai oleh Woo, dan A Better Tomorrow 3: Love & Death di Saigon, sebuah prekuel yang disutradarai oleh Tsui Hark.

Meskipun Ti Lung merupakan aktor utama film tersebut, penampilan dalam pelarian bintang bersama Chow Yun-fat mengungguli dia, mengukuhkan status Chow Yun-fat sebagai salah satu superstar top di industri film Hong Kong. Karakter Chow "Mark Gor" ditiru oleh banyak penggemar bahkan beberapa dasawarsa setelah film ini dirilis.

Film berdurasi 95 menit ini dirilis pada tanggal 2 Agustus 1986. Lagu tema film ini adalah "In the Sentimental Past" (當年情), dibawakan oleh salah satu bintang utamanya Leslie Cheung, digubah dan diaransemen oleh Joseph Koo dan ditulis oleh Wong Jim.

Rating Film "A Better Tomorrow" versi "IMDb": 7,6/10
Rating Film "A Better Tomorrow" versi "Rotten Tomatoes": 93%
Penghasilan Box Office Film "A Better Tomorrow": HKD.34,7 juta (USD.4,8 juta)
Foto : Wikipedia

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013—2020 Koleksi Film Bagus - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger