Finding Nemo (2003)

"Finding Nemo" adalah sebuah film animasi komputer bertema drama komedi petualangan produksi Amerika dirilis tahun 2003 yang ditulis dan disutradarai oleh Andrew Stanton, dirilis oleh Walt Disney Pictures, dan film kelima yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios.

Film animasi berdurasi 100 menit ini menceritakan kisah ikan badut (ikan giru) yang over-protektif bernama Marlin (Albert Brooks) yang bersama dengan seekor ikan "regal tang" bernama Dory (Ellen DeGeneres), mencari anaknya yang hilang, Nemo (Alexander Gould), sampai ke Pelabuhan Sydney.

Sepanjang jalan, Marlin perlahan-lahan menyadari bahwa dirinya harus berani mengambil risiko dan anaknya, Nemo, sudah memiliki kemampuan untuk mengurus dan menjaga dirinya sendiri.

Film ini merupakan film pertama Pixar yang dirilis di bioskop-bioskop di musim panas negara-negara belahan bumi utara. Film ini dirilis ulang untuk pertama kalinya dalam 3D pada tanggal 14 September 2012, dan dirilis pada Blu-ray pada tanggal 4 Desember 2012. Sebuah sekuel, "Finding Dory", saat ini sedang dalam pengembangan, direncanakan akan dirilis pada tanggal 25 November 2015.

Film ini mendapat pujian kritikus dunia dan memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Terbaik, dan dinominasikan dalam tiga kategori tambahan termasuk Skenario Asli Terbaik. "Finding Nemo" merupakan film yang meraup penghasilan kotor tertinggi ke-2 di tahun 2003, dengan total penghasilan sebesar US$921 juta di seluruh dunia.

"Finding Nemo" juga mencetak penjualan terlaris sepanjang masa dalam format DVD, dengan lebih dari 40 juta kopi terjual pada tahun 2006, dan merupakan film kategori "G-rated" ("General Audiences"; Untuk Semua Umur)paling sukses sepanjang masa sebelum produksi Pixar sendiri, "Toy Story 3", menyalipnya.

Film "Finding Nemo" juga merupakan film paling sukses ke-25 sepanjang masa, serta film animasi dengan penghasilan kotor tertinggi ke-3. Pada tahun 2008, "American Film Institute" memberikannya gelar film animasi terbesar ke-10 yang pernah dibuat dalam daftar "Top 10" mereka.

Rating Film "Finding Nemo" versi "IMDb" : 8,1/10
Rating Film "Finding Nemo" versi "Rotten Tomatoes" : 99%
Penghasilan Box Office Film "Finding Nemo" : $921.743.261
Foto : Wikipedia

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013—2020 Koleksi Film Bagus - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger