Kung Fu Hustle (2004)

"Kung Fu Hustle" (Hanzi: 功夫; Pinyin: Gōngfu) adalah sebuah film aksi komedi produksi Hong Kong yang dirilis tahun 2004. Film ini disutradarai, ditulis dan diproduseri bersama oleh Stephen Chow, yang juga menjadi bintang pemeran utama. Para produser lain adalah Chui Po-chu dan Jeffrey Lau, dan skenario ditulis bersama dengan Huo Xin, Chan Man-keung, dan Tsang Kan-cheung. Yuen Wah, Yuen Qiu, Danny Chan, dan Bruce Leung juga menjadi pemeran utama.

Setelah kesuksesan komersial "Shaolin Soccer", perusahaan pembuatnya, "Star Overseas", mulai mengembangkan "Kung Fu Hustle" dengan Columbia Pictures Asia pada tahun 2002. Film ini menampilkan sejumlah aktor pensiunan terkenal film aksi bioskop Hong Kong tahun 1970-an, namun telah disandingkan dengan film-film seni bela diri kontemporer dan berpengaruh seperti "Crouching Tiger, Hidden Dragon" dan "Hero". Gaya kartun dalam film ini, diiringi dengan musik tradisional China, sering disebut sebagai fitur yang paling istimewa.

Film berdurasi 98 menit ini dirilis pada tanggal 23 Desember 2004 di China dan pada tanggal 25 Januari 2005 di Amerika Serikat. Film ini menerima review yang sangat positif, di mana "Rotten Tomatoes" memberikan rating segar/baru 90% dan "Metacritic" 78 dari 100. Film ini juga sukses secara komersial, meraup penghasilan kotor US$17 juta di Amerika Utara dan US$ 84 juta di negara-negara lainnya. "Kung Fu Hustle" adalah film dengan penghasilan kotor tertinggi dalam sejarah "box office" bioskop di Hong Kong sampai akhirnya dikalahkan oleh film asal Taiwan "You Are the Apple of My Eye" tahun 2011 .

Film ini adalah film berbahasa asing terlaris peringkat ke-10 sepanjang masa di Amerika Serikat serta merupakan film berbahasa asing paling sukses dengan penghasilan kotor tertinggi di Amerika Serikat pada tahun 2005. "Kung Fu Hustle" dinominasikan untuk enam belas kategori "Hong Kong Film Awards" ke-24 tahun 2005, dan memenangkan enam penghargaan untuk kategori Film Terbaik, Koreografi Aksi Terbaik, Suntingan Film Terbaik, Efek Suara Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik dan Efek Visual Terbaik. Lima penghargaan lagi didapat kemudian di ajang "Golden Horse Awards", termasuk penghargaan Sutradara Terbaik untuk Stephen Chow.

Pada tahun 2005, Chow mengumumkan bahwa akan ada sekuel "Kung Fu Hustle", meskipun ia belum menetapkan nama pemeran utama wanita. "Akan ada banyak karakter baru dalam film. Kita akan membutuhkan banyak aktor-aktor baru. Ada kemungkinan bahwa kita akan mencari pemain di luar negeri selain para pemain lokal". Produksi "Kung Fu Hustle 2" ditunda sementara Chow membuat film fiksi ilmiah berjudul "CJ7". Akibatnya, "Kung Fu Hustle 2" dijadwalkan baru dirilis tahun 2014.

Rating Film "Kung Fu Hustle" versi "IMDb" : 7,7/10
Rating Film "Kung Fu Hustle" versi "Rotten Tomatoes" : 90%
Penghasilan Box Office Film "Kung Fu Hustle" : $100.914.445
Foto : Wikipedia

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013—2020 Koleksi Film Bagus - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger