Argo (2012)

"Argo" adalah sebuah film thriller politik produksi Amerika berdasarkan kisah nyata yang dirilis tahun 2012, disutradarai oleh Ben Affleck. Dramatisasi film ini diadaptasi dari buku "The Master of Disguise", karya Tony Mendez, seorang mata-mata CIA (Central Intelligence Agency) Amerika Serikat, dan artikel Joshuah Bearman, "The Great Escape" di majalah "Wired" tahun 2007. Yang terakhir berkaitan dengan "Canadian Caper", di mana Tony Mendez memimpin penyelamatan enam diplomat AS dari Teheran, Iran, selama krisis penyanderaan 1979 Iran.

"Canadian Caper" adalah nama yang sering disematkan pada operasi penyelamatan gabungan rahasia oleh pemerintah Kanada dan Central Intelligence Agency (CIA) terhadap enam diplomat Amerika Serikat yang menghindari penyanderaan saat penyerbuan kedutaan Amerika Serikat Teheran, Iran, dan penyanderaan staf kedutaan oleh mahasiswa dan militan Islamis pada tanggal 4 November 1979.

Film ini dibintangi Ben Affleck sebagai Mendez dengan Bryan Cranston, Alan Arkin, dan John Goodman sebagai pemeran pendukung. Film berdurasi 120 menit ini dirilis di Amerika Utara pada tanggal 12 Oktober 2012 dan memperoleh pujian kritikus dan sukses komersial.

Film "Argo" ini juga diproduseri oleh Ben Affleck, Grant Heslov dan George Clooney. Kisah penyelamatan ini juga diceritakan dalam film televisi tahun 1981, "Escape from Iran : The Canadian Caper", disutradarai oleh Lamont Johnson.

Agar bisa masuk ke Iran dan membawa pulang enam diplomat AS yang bersembunyi di rumah dinas duta besar Kanada, Tony Mendez mendapatkan ide untuk membuat film fiksi ilmiah palsu bergaya "Star Wars" dengan judul "Argo", yang membawa nama negara Kanada sebagai pelindung utama dan paspor palsu Kanada untuk masuk dan mengambil syuting di Iran, dengan enam diplomat AS tersebut sebagai para kru filmnya tersebut.

Setelah dirilis, "Argo" mendapat pujian luas dan masuk tujuh nominasi untuk Academy Awards ke-85 tahun 2013 dan memenangkan tiga penghargaan, untuk kategori Skenario Adaptasi Terbaik, Editing Film Terbaik dan Film Terbaik. Film ini juga meraih lima nominasi Golden Globe Award, memenangkan Film Terbaik-Drama dan Sutradara Terbaik, sementara Alan Arkin dinominasikan untuk Aktor Pendukung Terbaik. Film ini memenangkan penghargaan "Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture" di ajang "Screen Actors Guild Awards" ke-19, dengan Arkin yang dinominasikan untuk penghargaan "Outstanding Performance by a Male Actor in a Supporting Role". Film ini juga memenangkan Film Terbaik, Editing Terbaik, dan Sutradara Terbaik pada ajang British Academy Film Awards ke-66.

"Argo" telah dikritik untuk penggambaran peristiwanya; terutama karena meminimalkan peran kedutaan Kanada dalam misi penyelamatan diplomat Amerika Serikat, secara salah mengklaim bahwa para diplomat Amerika tersebut ditolak oleh kedutaan Inggris dan Selandia Baru, dan membesar-besarkan bahaya yang dihadapi oleh kelompok tersebut selama peristiwa sebelum mereka melarikan diri dari negara Iran.

Rating Film "Argo" versi "IMDb" : 7,8/10
Rating Film "Argo" versi "Rotten Tomatoes" : 96%
Penghasilan Box Office Film "Argo" : $232.325.503
Foto : Wikipedia

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013—2020 Koleksi Film Bagus - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger