Titanic (1997)

"Titanic" adalah film Amerika yang dirilis tahun 1997 dengan tema bencana romantis epik yang disutradarai, ditulis, diproduseri, disunting oleh James Cameron. James Cameron juga terlibat dalam sebagian pendanaan film ini.

Sebuah cerita fiksi dari tenggelamnya kapal RMS Titanic, menampilkan bintang Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet sebagai anggota kelas sosial yang berbeda yang jatuh cinta di atas kapal selama pelayaran perdananya yang naas.

Inspirasi Cameron untuk membuat film berdurasi 194 menit ini didasarkan pada daya tarik terhadap bangkai kapal RMS Titanic, ia ingin menyampaikan pesan emosional tragedi itu dan merasa bahwa sebuah kisah cinta diselingi dengan hilangnya nyawa manusia akan menjadi penting untuk mencapai tujuan (pesan) tersebut.

Produksi film ini dimulai pada tahun 1995, ketika Cameron mengambil gambar rekaman bangkai kapal Titanic yang sebenarnya. Adegan yang modern diambil di atas kapal "Akademik Mstislav Keldysh" - sebuah kapal penelitian ilmiah Rusia berbobot 6.240 ton - yang digunakan Cameron sebagai basis ketika pembuatan film kecelakaan kapal Titanic.

Sebuah rekonstruksi kapal Titanic dibangun di "Playas de Rosarito" (Pantai Rosarito) di Baja California (negara bagian Meksiko), model berskala, dan imaji hasil komputer digunakan untuk menciptakan adegan tenggelamnya kapal. Film ini sebagian didanai oleh "Paramount Pictures" dan "20th Century Fox", dan, pada saat itu, merupakan film paling mahal yang pernah dibuat, dengan perkiraan anggaran sebesar $200 juta.

Setelah dirilis pada tanggal 19 Desember 1997, film ini meraih sukses kritikus dan komersial. Dinominasikan untuk 14 (empat belas) kategori "Academy Awards", film "Titanic" memenangkan sebelas penghargaan, termasuk penghargaan untuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik, imbang dengan film "Ben Hur" (1959) untuk jumlah penghargaan Oscar terbanyak yang dimenangkan oleh satu film.

Dengan pendapatan kotor seluruh dunia awal lebih dari $1,84 Milyar, "Titanic" adalah film pertama yang mencapai angka penghasilan miliaran dolar. "Titanic" tetap menjadi film paling laris sepanjang masa, sampai kemudian film Cameron tahun 2009 "Avatar" melampaui penghasilan kotornya pada tahun 2010.

Sebuah versi 3D dari film ini dirilis pada tanggal 4 April 2012 (sering disebut sebagai "Titanic 3D") untuk memperingati 100 tahun tenggelamnya kapal "RMS Titanic", mendapatkan penghasilan tambahan $343.600.000 di seluruh dunia, sehingga total penghasilan "Titanic" seluruh dunia menjadi $2.180.000.000. Ini menjadikan "Titanic" sebagai film kedua untuk penghasilan kotor lebih dari $2 miliar di seluruh dunia (setelah "Avatar").

Lagu "My Heart Will Go On" menjadi lagu tema film "Titanic" ini. Musik lagu ini digubah oleh James Horner, liriknya dikarang oleh Will Jennings, dan diproduksi oleh Simon Franglen, James Horner, dan Walter Afanasieff. Lagu ini sendiri dinyanyikan oleh CĂ©line Dion. Setelah dirilis pada tahun 1997 melalui album lagu film "Titanic" dan album Dion "Let's Talk About Love", lagu ini langsung menempati puncak tangga lagu di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Irlandia, Britania Raya, dan Australia.

Rating Film "Titanic" versi "IMDb" : 7,6/10
Rating Film "Titanic" versi "Rotten Tomatoes" : 88%
Penghasilan Box Office Film "Titanic" : $2.185.372.302
Foto : Wikipedia

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013—2020 Koleksi Film Bagus - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger