Ghost (1990)

"Ghost" adalah sebuah film romantis fantasi Amerika dirilis tahun 1990 yang dibintangi Patrick Swayze, Demi Moore, Tony Goldwyn, dan Whoopi Goldberg. Film ini ditulis oleh Bruce Joel Rubin dan disutradarai oleh Jerry Zucker. Film ini menceritakan tentang tokoh Sam Wheat (diperankan oleh Swayze), seorang pria yang dibunuh, setelah menjadi hantu, bekerja sama dengan seorang cenayang (diperankan Goldberg) dalam upaya untuk membalas dendam kematiannya dan menyelesaikan masalah dengan tunangannya.

Film berdurasi 126 menit ini menuai sukses komersial yang luar biasa, dengan penghasilan kotor box office lebih dari $505.000.000 dengan anggaran sebesar $21 juta, dan merupakan film paling laris di tahun 1990. Film "Ghost" dinominasikan untuk lima Academy Awards, termasuk Film Terbaik , Musik Orisinil Terbaik, dan Penyuntingan Film Terbaik. "Ghost" memenangkan penghargaan untuk Aktris Pendukung Terbaik untuk Goldberg dan Skenario Asli Terbaik.

Swayze dan Moore keduanya masuk dalam nominasi "Golden Globe Award" untuk penampilan mereka di film tersebut, sementara Goldberg memenangkan BAFTA, Golden Globe, dan "Saturn Awards" selain Piala Oscar.

Lagu "Unchained Melody" versi Juli 1965 yang dinyanyikan oleh "The Righteous Brothers", menjadi lagu tema film "Ghost" dan meraih popularitas besar keduanya.

Model rambut cepak Demi Moore yang berperan sebagai Molly Jensen dalam film "Ghost" ini segera menjadi tren model rambut wanita yang populer pada masa itu hampir di seluruh dunia.

Rating Film "Ghost" versi "IMDb" : 6,9/10
Rating Film "Ghost" versi "Rotten Tomatoes" : 74%
Penghasilan Box Office Film "Ghost" : $505.702.588
Foto : Wikipedia

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013—2020 Koleksi Film Bagus - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger