Avatar (2009)

"Avatar" adalah film Amerika genre epik fiksi ilmiah yang disutradarai oleh James Cameron yang dirilis pada tahun 2009. Film ini dirilis pada tanggal 16 Desember 2009 di seluruh dunia oleh "20th Century Fox".

Film berdurasi sekitar 171 menit ini dibintangi oleh Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, Michelle Rodriguez, Joel David Moore, Giovanni Ribisi, dan Sigourney Weaver.

Setting waktu film ini adalah pada pertengahan abad ke-22, ketika manusia melakukan penambangan mineral berharga yang disebut unobtanium di Pandora, sebulan bulan subur yang bisa dihuni dari suatu gas raksasa dalam sistem bintang Alpha Centauri.

Perluasan koloni pertambangan mengancam kelangsungan hidup suku lokal Na'vi - spesies humanoid pribumi Pandora. Judul film ini ("Avatar") mengacu kepada semacam rekayasa genetika tubuh Na'vi dengan pikiran seorang manusia yang berlokasi jauh, dan digunakan untuk berinteraksi dengan penduduk asli Pandora.

Film ini dirilis dalam format 2D dan 3D, dan juga dirilis di teater IMAX 3D. Rilis premier/pemutaran perdana Avatar dilakukan di London pada tanggal 10 Desember 2009, dan secara internasional dirilis pada tanggal 16 Desember 2009, sementara di Amerika Serikat dan Kanada pada tanggal 18 Desember 2009. Film "Avatar" memperoleh tinjauan kritikus yang positif, dengan kritik yang terutama memuji efek visual yang inovatif.

Selama pemutaran di bioskop, film ini memecahkan beberapa rekor box office dan menjadi film paling sukses sepanjang masa, baik di Amerika Serikat maupun Kanada, melebihi "Titanic", yang telah memegang rekor selama dua belas tahun. Film "Avatar" juga menjadi film pertama yang mencapai penghasilan kotor lebih dari $2 miliar.

"Avatar" dinominasikan untuk sembilan kategori "Academy Awards" (Piala Oscar), termasuk kategori Film Terbaik dan Sutradara Terbaik, dan memenangkan tiga penghargaan, untuk kategori Pengarahan Seni Terbaik, Sinematografi Terbaik dan Efek Visual Terbaik. Menyusul kesuksesan film ini, Cameron telah menandatangani kontrak dengan "20th Century Fox" untuk memproduksi dua sekuel berikutnya, menjadikan "Avatar" sebagai yang pertama dari trilogi yang direncanakan.

Rating Film "Avatar" versi "IMDb" : 8/10
Rating Film "Avatar" versi "Rotten Tomatoes" : 83%
Penghasilan Box Office Film "Avatar" : $2.782.275.172
Foto : Wikipedia

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013—2020 Koleksi Film Bagus - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger